Cara Budidaya Bunga Anggrek dengan Mudah dan Sederhana

Bunga anggrek merupakan tanaman hias yang populer di Indonesia yang juga memiliki keharuman. Bunga anggrek bulan pum memiliki ciri khas atau karakteristis tertentu yang membedakan dirinya dengan bunga-bunga lain dan bisa menjadikannya sebagai kelebihan yang dimiliki bunga tersebut. Pertumbuhan bunga anggrek bulan sangat pesat di daerah tropis dan tidak terlalu suka dengan suhu dingin.

1. Letakkan ditempat yang benar

Pada dasarnya, anggrek bulan tidak memerlukan paparan sinar matahari yang banyak, cukup 20{a5447a1f84f8c12c3fee910c48584b1b43f99bfc7c6d3c234546c644e2f1bf4c} saja per harinya. Tempatkan anggrek pada tempat yang bernaungan, misanya dibawah pohon rindang atau digantung diatap teras rumah. Idealnya suhu yang bisa diterima anggrek pada siang hari adalah sekitar 30 derajat celcius dan 23 derajat celcius pada malam hari.

2. Jaga kelembabannya

Penyiraman secara teratur bisa membuat anggrek tumbuh baik, namun air berlebih justru bisa merusak tanaman anggrek bulan. Anggrek bulan hanya bisa menerima tingkat kelembaban maksimum 70{a5447a1f84f8c12c3fee910c48584b1b43f99bfc7c6d3c234546c644e2f1bf4c}. Apabila media tanam terlampau basah, anggrek akan mudah busuk karena jamur atau bakteri yang berkembang pada media tanam.

3. Ketahui anggrek dari daunnya

Tahukah Anda, hasil perawatan pada anggrek bulan bisa dikenali dari warna daunnya. Saat daun anggrek bulan berwarna hijau, itu artinya anggrek mendapatkan intensitas sinar matahari yang cukup. Sedangkan daun yang berwarna hijau tua menandakan anggrek kurang mendapatkan intensitas cahaya matahari. Bila daun anggrek berwarna kecoklatan/seperti terbakar, itu atandanya anggrek kelebihan intensitas cahaya matahari.

4. Perhatikan sirkulasi udara

Hembusan angin yang cukup baik akan mamacu pertumbuhan tanaman anggrek bulan. Selain itu bunga yang dihasilkan akan mekar dengan sempurnya. Hembusan angin juga mampu menjaga kondisi suhu dan kelembaban lingkungan. Namun jika pemeliharaan anggrek bulan mempunyai sirkulasi yang kurang baik, maka kipas angin bisa dipasang untuk menggantikan hembusan angin alami.

5. Perhatikan Ketinggian Pot Anggrek

Hal lain yang tidak kalah penting dalam budidaya tanaman anggrek adalah ketinggian lokasi untuk menempatkan pot anggrek. Selain kondisi lingkungan ketinggian lokasi penanaman anggrek juga mempengaruhi pertumbuhan anggrek yang Anda budidayakan. Teknik menanam selanjutnya adalah menanam anggrek menurut ketinggian lokasi tanam. Berdasarkan ketinggian lokasi tanam anggrek terbagi menjadi tiga jenis.

Bila Anda tinggal di lokasi dengan ketinggian 1001 m dpl jenis anggrek yang cocok untuk Anda tanam adalah anggrek cymbidium dan anggrek miltonia. Bila Anda ingin membudidayakan anggrek jenis Dendrobium, Oncidium atau Cattleya Anda harus menempatkan tanaman ini pada ketinggian 500 sampai 1000 m dpl.

Jenis ketiga adalah anggrek yang akan tumbuh secara maksimal bila ditempatkan pada ketinggian 500 m dpl. Salah satu contoh tanaman anggrek yang tumbuh pada ketinggian ini adalah anggrek jenis Vanda. dan Arachnis. Selain ketinggian lokasi tanam Anda juga harus memperhatikan sirkulasi udara di tempat tersebut.

Tempat yang bagus untuk pertumbuhan anggrek adalah tempat yang memiliki angin sepoi-sepoi. Hal lain yang perlu diperhatikan yakni kelembaban udaranya agar tanaman anggrek bisa tumbuh subur dan menghasilkan bunga yang indah.

6. Akar bibit bunga anggrek

Setelah tiga bulan, biasanya akar akan mulai tumbuh dan seringkali sampai menyembul keluar dari tanah. Melihat keadaan ini mungkin Anda akan langsungĀ memasukan kembali akar yang menyembul kedalam tanah. Namun, jangan lakukan hal itu, karena justru akan membahayakan tanaman anggrek yang Anda tanam. Sebaiknya yang harus Anda lakukan adalah dengan memindahkan tanaman tersebut ke dalam pot yang lebih besar.

7. Batang bunga anggrek

Sebagian tanaman anggrek kadang memiliki batang yang tinggi. Untuk menjaga batang tersebut agar tidak mudah roboh, Anda bisa menggunakan tiang penyangga pada batang. Tiang penyangga ini untuk memastikan bahwa batang anggrek tetap bisa berdiri tegak.

Leave a Reply