Cara Merawat Mawar Agar Rajin Berbunga

1. Siram secara Rutin

Jangan sampai menyiram tanaman mawar sampai airnya menggenang pada pot bunga ya. Cara menyiramnya yaitu melalui bagian tanah. Daun bunga mawar ini benar-benar rawan kering bila terkena air.

Jangan lupa menyiram sebanyak 2 kali (pagi dan sore) dalam sehari. Kalau cuaca sedang dingin (musim hujan) maka penyiraman dilakukan sekali (pada waktu pagi) dalam sehari setiap harinya.

Jika musim hujan berlangsung intens, penyiraman bisa dihentikan, karena sudah digantikan oleh air hujan langsung. Namun esoknya, semprot saja secara halus pada daun mawarnya.

2. Pengendalian Gulma

Untuk membuat tanaman bunga mawar rajin berbunga, langkah selanjutnya yang harus dilakukan adalah dengan melakukan pengendalian gulma. Gulma-gulma yang tumbuh di areal penanaman, baik itu di dalam pot maupun di lahan pekarangan, harus dibersihkan dengan cara dicabut agar tidak mengganggu pertumbuhan bunga mawar yang ditanam. Gulma-gulma atau rumput yang tumbuh di areal penanaman harus dimusnahkan sebelum tanaman mawar dipupuk agar ia tidak menyaingi penyerapan

3. Pangkas daun maupun ranting

Pangkaslah daun maupun ranting mawar yang mulai mengering. Jika memotong dengan gunting, maka pastikan gunting bunga tersebut harus tajam.

Jangan lupa juga untuk tidak memotong dengan teknik serong. Namun gunting biasa secara lurus.

4. Pemupukan

Setelah gulma dihilangkan, langkah selanjutnya yang harus dilakukan dalam cara merawat bunga mawar agar rajin berbunga adalah dengan melakukan pemupukan. Pemupukan penting dilakukan agar asupan hara yang dibutuhkan tanaman untuk berbunga dapat tercukupi

Pemupukan bunga mawar dapat dilakukan setiap 2 minggu sekali menggunakan jenis pupuk majemuk berupa NPK Mutiara dengan dosis 20 butir per tanaman. Pupuk NPK Mutiara mengandung hara lengkap, nitrogen, posfor, dan kalium sehingga selain dapat membantu tanaman untuk merangsang pembungaan, juga dapat meningkatkan kesuburan pertumbuhan daun dan kekebalan tanaman terhadap penyakit.

5. Budidaya setek

Langkah membudidayakan atau memperbanyak tanaman mawar ini bisa dengan cara perbanyakan biji, setek, okulasi, cangkokan serta membelah anakan.

Namun agar lebih praktis baiknya menggunakan cara setek. Langkah tersebut terbukti cukup ampuh karena bisa membuat bunga mawar tumbuh banyak.