Ini Dia 8 Cara Mencuci Sepatu Sesuai Bahan yang Bisa Dilakukan di Rumah!

Sepatu merupakan alas kaki penting yang bisa menjadi salah satu penunjang penampilan agar terlihat lebih menarik. Khususnya untuk perempuan. Bahkan berbagai jenis sepatu pasti wajib mereka miliki. Mulai dari sneakers, heels, wedges, boots, flat shoes, leather dan jenis sepatu lainnya.

Tapi tahu nggak sih kalau membersihkan sepatu ternyata nggak bisa sembarang lho ShopBackers. Untuk membersihkan sepatu diperlukan cara-cara khusus, yaitu terhadap jenis dan bahan sepatu yang berbeda.

Selain harus sesuai dengan jenis dan bahan sepatunya, alat yang digunakan untuk membersihkannya pun nggak bisa sembarang. Ini pun perlaku pada jenis kotoran yang menempel pada sepatu agar tidak merusak sepatu jika diterapkan dengan cara yang salah. Harus ada alat khusus untuk membersihkannya.

Sepatu yang kotor tentu nggak hanya merusak penampilan, tetapi juga dapat membahayakan pemakainya dengan resiko terkena bakteri dan kuman yang dibawa.

Nah supaya hal-hal itu tidak terjadi, yuk kita simak bagaimana cara mencuci sepatu sesuai dengan bahannya agar tak mudah rusak.

1. Sepatu Kanvas

cara mencuci sepatu kanvas
Membersihkan sepatu kanvas terbilang cukup mudah kok, karena dapat dilakukan dengan cara manual. Kamu bisa melepaskan tali sepatu terlebih dahulu, kemudian siapkan air hangat. Selanjutnya celupkan sepatu kamu ke dalam air hangat.

Proses ini nggak membutuhkan waktu lama kok karena tujuannya hanya ingin sekadar membasahi sepatumu saja. Untuk pencuciannya, gunakan cairan pencuci piring dengan menggunakan sikat nilon lalu gosokkan pada bagian dalam dan luar sepatu secara perlahan hingga bersih. Kemudian bilas dengan air mengalir. Terakhir, cukup diamkan hingga kering.

Jika ingin di sol, kamu bisa memasukkannya ke dalam ember yang sudah berisi air, lalu sikat perlahan dengan menggunakan sabun dan bilas. Biarkan sepatu dan sol mengering secara alami.

2. Sepatu Kulit atau Sepatu Leather

cara merawat sepatu kulit
Pembersihan terhadap sepatu kulit adalah dengan menggunakan campuran air dan cuka (pastikan kadar keduanya seimbang). Caranya adalah gunakan kain atau lap kering berbahan lembut lalu celupkan pada campuran tersebut. Setelahnya bersihkan secara perlahan pada sepatu. Keringkan sepatu menggunakan kaus katun yang sudah tidak terpakai.

Jika sepatu kamu terdapat noda membandel yang cukup sulit untuk dihilangkan kamu bisa membersihkannya menggunakan shampo atau kondisioner.

Warnanya mulai pudar atau terdapat goresan yang merusak penampilan sepatu? Tenang! Kamu bisa semir sepatu kamu dengan menggunakan shoe polis atau lotion khusus sepatu kulit dengan mengelapnya menggunakan kaus berbahan katun.

Memiliki sepatu berbahan kulit memang sedikit spesial karena bahannya yang sangat lembut sehingga perlu perawatan yang sedikit berbeda.

3. Sepatu Suede

cara cuci sepatu suede
Baik pria maupun wanita banyak yang menyukai sepatu berbahan satu ini. Suede merupakan sepatu yang terbuat dari bahan kulit sapi, sehingga perawatannya pun tidak bisa sembarangan.Untuk membersihkan sepatu ini, diperlukan sikat khusus agar tidak merusak bahan.

Pembersihan sehari-hari, kamu bisa menggunakan sikat khusus suede agar noda yang menempel bisa hilang dengan cepat. Sedangkan bila sudah terkena noda yang membandel, kamu membutuhkan cairan khusus dan menyikatnya dengan bantuan sikat yang lembut atau kain bertekstur lembut agar busa pada sepatu dapat hilang.

Selain itu, kamu tahu nggak sih kalau membersihkan sepatu berbahan suede bisa juga menggunakan penghapus pensil yang terbuat dari karet lalu gosok perlahan pada permukaan sepatu, terutama bagian yang lecet.

4. Patent Leather

cara cuci sepatu bahan patent leather
Jika sebelumnya sudah membahas mengenai pembersihan sepatu leather, kini kita akan membahas sepatu berbahan patent leather. Patent leather merupakan jenis sepatu kulit dengan lapisan yang mengkilap.

Untuk pembersihannya, jika sepatu ini terdapat kotoran kamu bisa membersihkannya dengan petroleum jelly atau cotton bud atau lap. Kalau kamu ingin sepatu ini terlihat lebih shiny, semprotkan saja sedikit glass cleaner atau cairan pembersih kaca. And voila! Sepatumu jadi tambah mengkilap seperti baru.

5. Nubuck Leather (Kulit Nubuck)

cara merawat sepatu bahan nubuck
Nubuck leather berasal dari kata ‘new’ dan ‘buck’ sekilas sepatu ini terlihat mirip dengan suede, namun keduanya memiliki tekstur yang berbeda. Nubuck leather memiliki tekstur yang lebih halus dari suede. Permukaan Nubuck yang lembut membuat penampilan warnanya lebih solid yang secara signifikan membuatnya berbeda dengan sepatu yang mengkilat karena menggunakan bahan kulit jenis Full Grain atau Brush-Off. Harganyapun lebih mahal dibandingkan Suede meskipun penampilannya nyaris sama. Sepatu berbahan nubuck dianggap lebih kuat dan awet dari suede karena bahan dasar kulit yang digunakan lebih keras ketimbang suede.

Cara merawat sepatu dengan material nubuck leather sama dengan sepatu berbahan suede. Sikat dan penyemprotnya pun sama dengan suede, sehingga kamu tidak perlu membeli dua sikat atau penyemprot berbeda jika memiliki sepatu atau aksesoris lain yang memiliki bahan dasar nubuck leather dan suede. Pastikan kamu benar-benar membaca material dasar sepatu yang dibeli dengan melihat keterangan yang umum tertera pada kotak sepatu.

6. Sepatu Bahan Denim atau Jeans

cara membersihkan noda di sepatu denim
Bahan denim yang menyerupai kanvas ini biasa dipergunakan untuk membuat sneakers. Oleh karena itu cara membersihkannya pun hampir sama seperti saat merawat sepatu kanvas.

Kamu hanya memerlukan sikat berbulu halus atau sikat gigi, ember, detergen dan air hangat untuk membersihkannya. Sikat bagian-bagian sepatumu dengan lembut agar bahannya tidak rusak

Nah, jika dibagian sepatu kamu menemukan bau yang tidak enak, kamu bisa menambahkan sedikit baking soda ke dalam deterjen untuk menghilangkan bau tersebut.

7. Rope Wedges ( Wedges dengan hak dari tali)

cara merawat sepatu wanita
Wedges merupakan jenis sepatu atau sandal yang digemari para wanita. Maka tak heran jika banyak di antara mereka membeli banyak jenis sepatu ini untuk menunjang penampilan agar terlihat jenjang. Padahal belum tentu semua koleksi sepatu tersebut digunakan nantinya. Hasilnya sepatu tersebut tidak terurus, kotor, kumel dan tak layak pakai.

Nah untuk menjaga agar wedgesmu tetap terlihat bagus, kamu harus tahu cara merawatnya. Untuk pembersihannya kamu bisa mengenakan sikat gigi untuk membersihkan kotoran di hak menggunakan pembersih karpet. Pastikan kamu menyikatnya kearah yang sama untuk mencegah kerusakan.

8. Cara Cuci Sendal Jepit Flip Flops

cara cuci sendal jepit
And the last, flip flop. Flip flops sering digunakan untuk kamu yang ingin berjalan-jalan ke pantai. Selain bahannya yang enak, flip flop juga nyaman dipakai. Tapi bagaimana kalau flip flop kamu kotor sehabis bermain dari pantai? Tenang, nggak perlu khawatir. Rendam saja dengan air hangat dan baking soda, lalu diamkan selama 5 menit. Setelah itu, sikat menggunakan sikat gigi untuk membersihkan kotorannya.

Memiliki banyak jenis sepatu itu memang nggak mudah sih apalagi saat ingin membersihkannya. Diperlukan beberapa alat khusus serta cara tertentu agar sepatu yang kamu miliki tetap terjaga kebersihannya. Ribet? Ya memang! Tapi demi sepatu kesayangan tentu hal-hal tersebut harus dilakukan. Memangnya kamu mau sepatu kesayangan yang udah kamu beli mahal rusak hanya karena kamu malas membersihkannya? Sayang dong ya!

Jadi jangan malas untuk membersihkannya ya!

 

Sumber : shopback.co.id