Kucing British Shorthair

british_blue_close_up

Karakteristik

British Shorthair memiliki ukuran tubuh sedang sampai dengan cukup besar dengan berat badan sekitar 4-8 kg. Postur tubuhnya padat, kompak, kuat, berotot di dada, pendek, dengan pinggul dan bahu yang lebar. Kepalanya berbentuk bulat disertai dengan pipi yang berisi penuh. Hidungnya yang pesek namun lebar dan lurus tanpa ada tekukkan dan dagu British Shorthair ini berbentuk bulat. Tubuh dari kucing jantan lebih besar dibanding dengan kucing betina. Kucing jantan memiliki berat rata–rata mencapai 5-10 kg, sedangkan pada betina hanya dapat mencapai 5-7 kg saja.

Telinga British Shorthair berukuran sedang, namun lebar di bagian bawahnya dengan bagian ujung telinganya melengkung. Memiliki jarak antara kedua telinganya dengan jarak sedang. Mata pada British Shorthair adalah besar dan berbentuk bulat. Ras ini memiliki berbagai variasi warna, yaitu gold, copper, odd-eyes dan blue. Akan tetapi, meski memiliki berbagai warna bervariasi, warna emas adalah warna terbaik yang pernah ada.

British Shorthair memiliki ukuran kaki yang pendek namun memiliki tulang yang amat kuat dan juga berotot. Bentuk dari cakarnya sendiri membulat pada jari–jarinya. Ekornya tebal, padat, dan tidak terlalu berbulu namun indah dengan ujung ekornya yang tumpul. Panjangnya kurang lebih sekitar dari panjangnya, dengan tebal di bagian pangkal namun menipis di bagian ujungnya.

Profil Kucing British Shorthair

Kucing ini memiliki karakter yang tenang, jadi kucing ini cocok untuk anda yang tidak begitu suka kucing yang hiperaktif, kucing british shorthair memiliki badan yang gembul beberapa orang menyukai kucing gendut terutama wanita mungkin kucing ini bisa menjadi pilihan, terlebih lagi bulu mereka yang pendek tapi lebat akan membuat anda betah memeluk mereka saat berbaring atau saat santai. Kucing british shorthair bisa disebut kucing rumah, mereka akan betah di dalam rumah tetapi saat mereka ada di luar rumah jiwa memburu mereka akan keluar ketika melihat hewan kecil lain.

Perawatan kucing ini bisa dibilang cukup mudah karena british shorthair memiliki bulu pendek, anda hanya perlu memandikan mereka seminggu sekali dan mungkin anda dapat meluangkan waktu untuk menyisir rambut mereka agar bulu-bulu yang mati dapat terangkat.

Selain bulu anda juga perlu menyikat gigi mereka rutin dan memperhatikan kuping mereka agar terhindar dari tungau dan kutu-kutu. Kucing ini juga memiliki daya pemburu yang kuat jadi biasanya mereka akan nyaman dengan kuku mereka yang panjang, tetapi biasanya cakar mereka bisa merusak perabotan di rumah, gunting kuku mereka jika anda merasa cakar mereka mengganggu.

Tambahan: Berat kucing ini biasanya mencapai bobot 10 kg -18 kg untuk jantan dan 6 kg – 12 kg untuk betina, untuk memilikinya anda perlu merogoh dompet dengan rata-rata harga sekitar $800 – $1400, kucing ini juga dapat bertahan hidup sekitar 12 tahun – 18 tahun.

Sekian artikel dari saya semoga artikel tentang kucing british shorthair yang lucu ini dapat menjadi referensi tambahan untuk anda yang sedang ingin memiliki mereka.