Masyarakat Indonesia masih Suka Mobil Keluarga

Di Indonesia, mobil keluarga sangat populer. Mobil-mobil hampir semuanya berkapasitas tujuh penumpang. Dari sekian banyak model dan pabrikan, paling tidak ada 10 mobil keluarga yang paling diburu. Mulai dari mobil baru seperti Mitsubishi Xpander, sampai mobil ‘sejuta umat’ Toyota Avanza.

Meskipun masih belum ada sentuhan terbaru, Toyota Avanza masih sangat lekat bila membicarakan mobil keluarga atau serbaguna (multiple purpose vehicle, MPV). Kapasitas penumpang dan kenyamanan serta mesin Dual VVT-i menjadi nilai jual penting di mobil tersebut. Apalagi Toyota Grand New Avanza sudah ada fitur eco lamp indicatoryang membuat mobil tambah irit bahan bakar minyak (BBM).

Namun kejayaan mobil keluarga ini mulai tergeser setelah hadirnya roda empat tujuh penumpang produksi PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI), Mitsubishi Xpander. Padawholesales yang dirilis oleh Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (GAIKINDO) per Januari-April 2018, Xpander berhasil mencatatkan angka 29.069 unit sedangkan Avanza 28.330 unit.

Larisnya Xpander di Indonesia disebabkan beberapa factor. Salah satunya adalah desain yang benar-benar berbeda dari mobil keluarga kebanyakan serta fitur berkualitas yang disajikan. Kini, Xpander juga berhasil diekspor ke Filipina dan mengaku sudah ada beberapa konsumen di sana yang menantikan mobil MPV dari Mitsubishi tersebut.

Selanjutnya ada Toyota Innova, sang Kijang legendaris dalam kemasan baru. Diproduksi sejak 2015, mobil ini masih tetap eksis menjadi mobil keluarga kelas menengah di Indonesia. Meski banyak gempuran dari segala arah, ia masih menjadi salah satu pilihan utama warga Indonesia yang mencari big MPV. Mesin mobil Innova adalah 1TR-FE 4-silinder dengan kapasitas 2.000 CC.

Dari Daihatsu, ada mobil keluarga yang seumuran dengan Avanza, yaitu Xenia. Model ini dalam hal penjualan sudah makin tersalip oleh adiknya sendiri, Daihatsu Sigra. Meski dijual dengan ruang yang sama (bermuatan tujuh penumpang), Sigra lebih laris karena harganya yang terjangkau oleh seluruh kalangan.

Mobil keluarga tujuh penumpang dari Honda ada Mobilio. Dalam penjualan pergerakan Mobilio cukup stagnan dan naik sedikit. Honda mencatat ada kenaikan sebesar 79 persen di segmen SUV dibanding periode tahun lalu.

Generasi baru dari Suzuki Ertiga juga tidak terlewatkan sebagai salah satu dari 10 mobil keluarga paling populer di Indonesia. Apalagi kini tampilan mobil menjadi lebih segar dan punya mesin baru yaitu K15B yang diklaim lebih efisien namun tetap bertenaga. Tapi untuk menyalip pesaingnya, Ertiga masih harus melangkah lebih besar.

Mobil berkabin paling luas dari Nissan, All New Grand Livina juga menjadi kendaraan keluarga pilihan Indonesia. Mobil ini terbilang memiliki kabin terluas di zamannya, bangku baris kedua dan ketiga dapat ditekuk rata. Itulah salah satu kelebihan Grand Livina. Tetapi dalam hal penjualan, mobil bermesin HR15DE dengan Dual Injector dan Twin VTC ini harus kesalip oleh si kembar SUV berpenumpang tujuh orang, Rush dan Terios.

Terakhir ada dua mobil keluarga asal China yang sedang berkembang yaitu Wuling Confero dan DFSK Glory 580. Meski keduanya memiliki fokus segmen berbeda, fitur dan performa mobilnya tak bisa dianggap remeh. Apalagi kini mereka sedang mengembangkan layanan purnajual di seluruh Indonesia. (detikoto)

sumber : gaikindo.or.id