Melihat Tunggangan Presiden RI Selama 73 Tahun

Tak terasa Indonesia sudah memasuki usia ke-73 tahun. DetikOto kali ini coba mengulik, kendaraan apa saja yang sudah menemani orang nomor satu di Indonesia.

Selama 73 tahun, Indonesia sudah beberapa kali mengalami pergantian Presiden. Pergantian Presiden pun diikuti dengan bergantinya mobil dinas kepresidenan atau yang biasa disap RI-1. Mau tahu mobil dinas kepresiddenan dari era Soekarno hingga Jokowi, simak yang satu ini.

Diawali dari Presiden Soekarno, jika saat ini mobil kepresidenan menggunakan mobil Eropa, berbeda dengan Soekarno kala baru menjabat menjadi Presiden Republik Indonesia pertama. Mobil kepresidenan Soekarno kala itu menggunakan Buick-8. Mobildinas pertama RI-1 ini didapatkan dari pemberian Pemuda Benteng 31. Mobil Kepresidenan ini pun setia menemani Presiden Soekarno mulai dari 1945-1949.

Sejak 19 Mei 1979, mobil ini diserahkan kepada Dewan Harian Nasional 45 untuk dijadikan koleksi di Museum Joeang 45 di Menteng Jakarta Pusat.

Selanjutnya Soekarno juga menunggangi Chrsyler Crown Imperial yang merupakan mobil pemberian Raja Saudi saat Soekarno pergi haji.

“Ketika aku akan kembali ke Tanah Air, Raja Arab Saudi mengatakan, ‘Presiden Sukarno, mobil Chrysler Crown Imperial ini telah Anda pakai selama berada di sini. Dan sekarang saya menyerahkannya kepada Anda sebagai hadiah,” ujar Sukarno seperti pemberitaan detik.com, dalam buku ‘Penyambung Lidah Rakyat’, yang ditulis beberapa waktu lalu.

Tidak hanya itu, Presiden Sukarno juga dikatakan kerap menggunakan kendaraan lain saat menjabat Presiden Republik Indonesia. Yakni Cadillac 75, Mercedes-Benz 600, GAZ 13 pemberian Uni Soviet, Zil 111, dan Lincoln Cosmopolitan.
Pada era Soeharto, Mercedes-Benz 500 SEL Limousine 1987 menjadi pilihan. Ketangguhannya disamakan dengan mobil dinas Presiden Bill Clinton dan Ratu Elizabeth II. Mobil klasik ini asli pabrikan Jerman mengusung M117.963 dilengkapi delapan silinder berkapasitas 5.000 cc hingga mampu digeber mencapai 220 km/jam.

Dari segi keamanan Bodi Mercedes-Benz 500SEL Limousine dilapisi baja, sementara kaca mobil dilengkapi anti peluru setebal tiga inci, hanya berbeda dua inci dari mobil dinas Cadillac Barrack Obama yang setebal lima inci.

Kemudian pada tahun 1995 Soeharto mengganti mobil dinasnya namun masih menggunakan Mercy. Adalah Mercedez-Benz S 600 keluaran tahun 1994, spesifikasi mobil ini juga tidak kalah dengan tipe mobil kepresidenan sebelumnya, memiliki standar keamanan tinggi, bodi dan kaca antipeluru serta standar keamanan lainnya.

Setelah era Soeharto lengser, mobil ini menjadi warisan bagi Presiden BJ Habibie, Gus Dur, Megawati, dan bahkan Susilo Bambang Yudhoyono.

Pada tahun 2008 di masa periode kedua kepemimpinan SBY, Mercy masih tetap menjadi merek mobil kepresidenan. Model yang digunakan yakni Mercedes Benz S600 Guard. Mobil ini disebut sebagai mobil kemanan dengan tingkat tinggi yang sudah tersetifikasi B6/B7.

Sekujur bodi dan kaca Mercy S600 Guard berlapis bahan antipeluru senapan serbu standar militer, bahkan sanggup melindungi penumpang dari serangan granat tangan.

Fasilitas keselamatan lain adalah fitur run-flat tyre yang memungkinkan mobil bermesin biturbo 12 silinder itu ngebut meninggalkan lokasi konflik dalam kondisi ban kempis. Tangki bahan bakarnya yang antipeluru juga punya sistem pemadaman api, sehingga dia mampu mencegah ledakan.

Dengan fitur tersebut, hingga saat ini masih digunakan oleh Jokowi sebagai mobil RI 1.

Soal mesin, mobil ini dibekali 6.000 CC V12 dengan tenaga 525 hp. Namun uniknya mobil yang ditunggangi Jokowi itu diketahui pernah mogok saat dipakai dalam kunjungan kerja di Kalimantan Barat, pada maret 2017.(lth/ddn)

sumber : oto.detik.com