Toyota Eco Youth Ke-11 Ajak Generasi Muda Ciptakan Inovasi Peduli Lingkungan

Isu lingkungan di dunia ini memang kian mengkhawatirkan. Karenanya, dibutuhkan tindakan dan kepedulian demi penghidupan yang lebih baik di masa depan. Dan semua itu seharusnya diawali dengan sikap peduil lingkungan ini sudah di tanamkan sejak muda dengan begitu akan banyak ide dan pemikiran pasti banyak tercipta. Setidaknya itulah dasar Toyota Indonesia menyelengarakan kegiatan Toyota Eco Youth.

Ada udah yang tahu Toyota Eco Youth itu apa? Toyota Eco Youth adalah sebuah even tahunan yang diadakan oleh Toyota Indonesia. Aktivitas CSR ini bergerak di bidang pendidikan dan pengembangan SDM ini melibatkan siswa-siswi Sekolah Lanjutan Tingkat Atas atau Sekolah Menengah Kejuruan di seluruh Indonesia, untuk berkontribusi langsung pada permasalahan lingkungan di sekolah dan sekitar mereka.

Memang sudah seharusnya semangat menjadi duta peduli lingkungan ini ditularkan kepada generasi muda sehingga dapat menginspirasi generasi penerus bangsa dalam menelurkan inovasi-inovasi guna menjaga keberlangsungan alam di masa depan

Mengusung tema “Eco Sociopreneur”, TEY berharap anak-anak muda berani mengeksplorasi penemuan dan pengembangan yang memiliki dampak positif terhadap lingkungan dan Bumi. Dengan begitu, dampaknya bisa bermanfaat bagi banyak orang.

Program yang mengajak partisipasi masyarakat sekitar dan kemandirian pelaksanaan program lingkungan. Adapun cakupan proyek TEY ke-11 yaitu melibatkan internal sekolah, lingkungan sekitar, hingga universitas. Definisi ‘Eco Sociopreuneur’ sendiri merupakan proyek berkelanjutan melalui kegiatan yang menghasilkan dana untuk membiayai keberlangsungan operasional proyek secara mandiri.

Proyek ini terdiri dari dua kategori diantaranya ‘Eco Science’ dan ‘Eco Social.’

Pada kategori ‘Eco Science’ peserta diharapkan dapat menghasilkan proyek yang memanfaatkan ilmu dasar terapan agar mampu memberikan perbaikan dan memberikan dampak langsung kepada alam sekitar. Peserta diharapkan dapat menciptakan suatu produk yang dapat memberikan dampak positif terhadap kualitas lingkungan dan komunitas sekitarnya.

Sementara pada kategori ‘Eco Social’ peserta diharapkan dapat membuat suatu aktivitas atau kampanye yang mendorong masyarakat setempat untuk melakukan gerakan yang juga nyata kontribusinya bagi lingkungan. Peserta diuji kemampuannya untuk membuat aktivitas atau program yang mengajak warga sekitar untuk berkontribusi terhdap pelestarian lingkungan.

Sebagai wujud sosialisasi TEY ke-11, tim yang dibentuk secara khusus akan mendatangi langsung 50 sekolah di setiap provinsi dalam rangka memperkenalkan dan mempromosikan siswa dan guru guna mengikuti kompetisi TEY. Toyota Indonesia juga melakukan roadshow ke sekolah-sekolah di 4 kota besar di Indonesia diantaranya Medan, Bali, Makassar, dan Bandung.